Jelajah
IMG-LOGO

Penyuluhan Keamanan Pangan Siap Saji bagi Penjamah Makanan di Sentra Pangan Jajanan Negeri Kayangan Desa Wonolelo

Create By 06 July 2023 85 Views

Rabu, 5 Juli 2023 - Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang mengadakan penyuluhan keamanan pangan siap saji di Negeri Kayangan Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Kegiatan penyuluhan ini dihadiri oleh 25 peserta dari pelaku UMKM di sekitar tempat wisata Negeri Kayangan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai HSMM (Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman).

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan oleh Kepala Desa Wonolelo yang diwakili oleh Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Sigit Wahyono kemudian dilanjutkan dengan materi dan diskusi dengan peserta penyuluhan.

Mengusung tema keamanan pangan siap saji, pemateri pertama memberikan informasi mengenai Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman (HSMM) yang disampaikan oleh Zainatul Malikah, S.ST, M.Ling selaku Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang. Dilanjutkan dengan materi kedua tentang Personal Hygiene bagi penjamah makanan yang dipaparkan oleh Indra dari Seksi Kesehatan Lingkungan.

“Adanya penyuluhan mengenai keamanan pangan siap saji diharapkan penjamah makanan khususnya pelaku UMKM di sekitar tempat wisata Negeri Kayangan akan lebih peduli dan paham tentang pentingnya keamanan pangan dan mengimplementasikan pengetahuan yang didapatkan dalam usaha mereka,” Ujar Erna Kurnia dari Puskesmas Sawangan I.

Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang mengharapkan personal higien dan kualitas makanan dapat ditingkatkan sehingga keamanan pangan di Sentra Pangan Negeri Kayangan dapat terjamin. Kepedulian dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip keamanan pangan akan berdampak positif bagi masyarakat yang mengonsumsi makanan siap saji di Sentra Pangan Negeri Kayangan. 

Sebagai bentuk pengakuan atas pengetahuan yang telah diperoleh, peserta yang mengikuti penyuluhan akan mendapatkan sertifikat. 

Rilis Resmi KKN MIK STMM Yogyakarta 2023

Oleh Kelompok 1 Desa Wonolelo

Info lebih lanjut

08988521535 (Ghani)